catatan-ku

November 28, 2005

Ceritakan saja

Filed under: Catatan-ku — intankd @ 10:35 am

Sore ini aku buka puasa di warung padang bersama seorang teman. Sambil menikmati makanan yang lezat terasa, kami berbincang tentang nikmatnya makanan Sumatra. Rendang Padang yang mengundang selera, mie Aceh yang penuh rempah, mpek mpek Palembang seukuran kapal selam, hehehe. Temanku lalu mulai menceritakan pengalamannya berbelanja sejak kecil dan hobinya memasak. Hobi memasak? Aku terpesona. Jadi ingat kak Yanto sahabatku. Melihat wajahku yang mungkin mengexpresikan rasa takjub, dia bertanya, “Kenapa? Kamu nggak suka masak ya?”
“Nggak,” jawabku.
“Wah, memasak itu sangat menyenangkan. Gue heran kalo lihat cewek nggak suka masak. Gue yang cowok aja suka masak kok,” katanya penuh semangat.
“Oow,” batinku.
“Eh, gue kasih tahu ya,” katanya dengan mimik wajah serius menatapku.
Wah..wah..wah. aku udah siap-siap aja nih, mendengarkan petuah-petuah klise yang sudah sering kudengar, Tentang bagaimana seorang perempuan itu harus bisa masak, tentang kesetiaan laki-laki yang perlu dijaga melalui perutnya, tentang mertua yang mengharapkan kepiawaian menantu perempuannya di dapur, tentang bla..bla..bla, yang biasanya justru akan semakin meninggikan egoku, hehehe.
“Kalo lo di rumah, lagi hujan, lo ambil tepung setengah kilo, lo campur dengan air, bla..bla…, lo aduk, lo goreng, trus lo bikin kuahnya, lo ….,” kata temanku dengan semangat dan mata berbinar. Aku melongo. Alih-alih menasehatiku, dia justru menceritakan padaku proses membuat mpek-mpek di kala hari hujan dan kemudian menikmatinya. Alih-alih bersikap acuh, aku justru jadi sangat menikmati ceritanya. Hm.. memasak kedengarannya jadi mengasyikkan. Aku jadi tertarik.

Maka aku pun belajar sesuatu : Daripada menyuruh, ceritakan saja. Tidak mudah memang, tapi mungkin lebih efektif.

Jakarta, 24 Oktober 2005

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: