catatan-ku

June 28, 2005

Mabit ala Laa Tahzan

Filed under: Cerita-ku — intankd @ 9:13 pm

Sabtu, 25 Juni 2005
Asyiiik, Sabtu, bisa malas-malasan sepuas hati, hehehehe. Tapi klik,
satu lampu menyala di pikiranku. Mabit euy!!! Wuaaaah, harus bangun
nih. Rada-rada malas, aku bangkit juga dari kasur yang nyaman. Namun
sekelebat muncul bayangan asyiknya Mabit pertama Laa Tahzan. Langsung
aja jadi semangat, gembira. Cepat-cepat deh. Mandiiiii, udah siaaang,
jangan sampai terlambat, janjian ngumpul di Sentra Mulia building jam
sembilan bo!
08.00 ­ 10.00
Sari Sms, bilang mo singgah ke kantornya dulu, mo nge-print susunan
acara. Kemarin gak sempat. Ok deh.
Ruslan nelpon, minta maaf, tiba-tiba ada urusan mendadak yang gak bisa
ditinggalkan, jadi gak bisa ikut mabit deh. Yaaaah, kecewa niiiih.
Ernovipun kemudian berkabar ria, gak bisa ikut. Yaaaaah, kecewa lagi
deh. Tapi, itulah untungnya di Laa Tahzan (jangan bersedih), hati bisa
langsung diswitch jadi gembira lagi. Just click on the happy button,
select the happy face, yes!
Gandi SMS, udah di Plaza Kuningan, katanya. Lho, kok di Plaza
Kuningan? Sambil jalan kaki ke Sentra Mulia kucoba nelpon Gandi, tapi
HP nya sibuk. Nelpon Jayanti aja deh. “kami udah di Senmul, Kak, di
17, Aku, Gonata, Rini,” katanya. Siip. Nelpon Gandi lagi, “aku otw ke
senmul, “katanya. Hehehe, rupanya Gonata udah reconfirm lagi ke Gandi
kalo kita janjian ketemu itu di senmul, bukan di Plaza Kuningan.
Ketemu Gandi di lobby Senmul, naik ke 17, ketemu Gonata, Jayanti,
Rini. “Elin mana?” tanyaku. “Dibawah, lagi sarapan,” kata Jayanti.
Siip.
Nah, Farhan nelpon. Katanya dia harus ngantar istri tercinta ke RSPI
dulu karena batuknya gak sembuh-sembuh juga udah dua minggu ini. Jadi
mungkin agak telat nyampe ke cikeretegnya. Ok deh. Moga batuknya gak
parah ya. Cepat sembuh, Amy. Amin.
Junrial sms, udah di belakang senmul, katanya. Ok deh. Ayo kita turuuuun.
Adduh, tapi lapar juga ya. Belum sarapan nih. Dasar!!! Kebetulan Gandi
nawarin minum teh botol, siapa nolak!!! Sekalian aja aku pesan soto
ayam tanpa nasi, sambil nungguin Sari yang udah start dari kantornya
di gedung Aspac.
Nah, itu Sari. Udah? Udah ngumpul semua? Gak ada yang ketinggalan?
Intan, Gandi, Junrial, Jayanti, Rini, Gonata, Sari, Elin, yup, 8
orang. Ayuh, jalan.

10.00 ­ 12.00
meluncurlah kami ke cikereteg dengan mobilnya Sari dan Gandi,
berhenti sebentar di dekat TMII, Gandi beli tahu. Wuah, enak bener
tahunya. Alhamdulillah jalanan lancar, mulai agak macet hanya
menjelang cikereteg (akhirnya gue tahu juga gimana nulis cikereteg
yang benar, tanpa u, pakai g, bukan k). Sepanjang jalan kita hahahihi
ngobrol ngalor ngidul. Gak puas Cuma ngobrol semobil, kita sms-an
antar mobil menceritakan kelucuan yang terjadi di masing-masing mobil,
hehehehe. Sampe akhirnya ada yang nyeletuk, “Jangan-jangan udah
kelewatan nih, pasar cikeretegnya”. Wah, iya ya. Keasyikan ngobrol
sih. Berhenti deh. Nanya deh. Bener deh. kelewatan deh. Muter deh.
Balik deh. Untungnya belum jauh. Ketemu pasarnya, dekat AlfaMart,
belok kanan. Masuk Desa Pancawati. Sekarang lebih konsen merhatiin
jalan. Nyari-nyari vila yang namanya Pondok Safa-Marwa. Lumayan juga,
banyak vila disini ya. Pemandangannya bagus. Hijauuuuuu!
Nah, itu dia, sebelah kiri jalan. Pondok Safa. Alhamdullillah, ketemu.
Kali ini gak pake acara kelewatan deh. Sari turun membukakakan
gerbang. Mobil masuk. Waaaah, bagus sekali. Halamannya memanjang
dengan pepohonan di kiri kanannya. Langsung aja, ambil kamera,
foto-foto. Asyiiik.
Kita disambut ama penjaga villanya. Namanya Mang Kus (kalo gak salah,
hihihihi, pelupa sih gue). Nurunin tangga, ketemu tiga villa yang ok
punya. Wah, kita yang mana ya? Mang Kus bilang, “yang ini Neng, “.
Yang tengah. Udah dibukain pintunya. Asyiiik. Villanya bagus, berbahan
kayu. Kamarnya dua, gedhe-gedhe dengan kamar mandi yang besar
berinterior alami di masing-masing kamar dan di dekat dapur. Ruang
serba gunanya gedhe banget, ada dua set kursi duduk, satu set kursi
makan dan di sudut yang kosong dibentangkan karpet. Hm, ntar kita
lesehan di karpet aja ngajinya ya.
Ustadz Rusli dan Bu Heti belum datang. Kita nongkrong deh di teras
belakang, menikmati hijaunya pemandangan, ngabisin tahunya Gandi,
beragam biskuit, sambil ngobrol en tentu saja, foto-foto lagi, hehehe.
Di atas ada teras juga rupanya. Juga disamping. Hmmm…

12.30 ­ 13.30
Ust. Rusli datang bersama Bu Heti dan dua teteh yang bakalan bantuin
masak. Aduh, lupa euy! Gak sempat kenalan ama mereka. Cuma sempat
kenal dengan anaknya aja, si Dewi, murid kelas I di SD Gratis Bantar
Gebang milik Yayasan Guru-nya Ust. Rusli dan Bu Heti. Ustadz Rusli
bergabung bersama kita di teras belakang. Diskusi makin seru, dari
masalah haid sampai inferior complex-nya masyarakat Islam, sampai
Sari mengingatkan bahwa kita belum sholat dhuhur. Wah..wah…ok deh.
Sementara kegiatan di belakang layar tetap berlangsung, yaitu
masak-masak buat makan siang.

14.00 ­ 16.00
makanan sudah siap, mari kita bersantap. Hmmm…. sedaaaap. Makasih Bu
heti, makasih Teteh, hehehehe. Kita milih makan di teras belakang,
lesehan dengan meja dari rotan. Baru tahu, kalo Sari ternyata gak
makan nasi. Waaaah…
selesai makan, kenyang, (ngantuuuk??? Hihihihi), kita mulailah
pengajian. Materi 1, dengan tema : Cinta adalah suatu Kemestian.
Tentu aja diramaikan dengan diskusi plus ketawa ketiwi, apalagi ada si
Adek Kita Rini Inul yang sering mengundang tawa dengan gayanya yang
menggemaskan (dan juga tarikan napasnya???hehehehe).

16.00 ­ 19.45
sholat Ashar berjamaah. imamnya Gandi ya? Lanjut dengan materi 2:
Cinta versus rasa memiliki. Mo tahu isinya? Moga ntar bisa dibikinin
summarynya yach! Ngaji selesai jam 17.30, menjelang maghrib. Mandi
deh. Maghrib berjamaah dimami Junrial. Abis sholat kita wirid bersama.
Selesai wirid,
makanan udah siap (makan lagiiii?). Ustadz Rusli nanya, mo makan dulu
ato sholat dulu? Semua milih sholat dulu. Gue sih setuju banget. Ayo
kita sholat dulu, biar nanti makannya khusuk. Lho?
Abis sholat, makan lagi, alhamdulillah. Enak banget sopnya, tempenya,
semuanya. Duuh, pengen nambah teyus, hehehehe. Andai bisa mabit
berminggu-minggu, barangkali aku bisa nambah berat badan nih.

19.45 ­ 23.30
Kita mulai deh materi 3: Ayat-ayat Cinta. Bukan ngebahas novel
Ayat-ayat cinta itu lho ya. Ustadz Rusli cuma pengen bilang, kalo
AlQur’an ini bukan Ayat-ayat syetan seperti yang dikatakan oleh Salman
Rushdi, melainkan ayat-ayat cinta, surat cinta Allah kepada hambanya.
Dan memang, kita menemukan begitu banyak ungkapan cinta Allah kepada
kita manusia. Subhanallah. jadi malu sama Allah.
“Ada yang mau kopi?” kata Gandi. Langsung aja gue angkat tangan.
Mauuuu. Termasuk Rini, Jayanti, Bu Heti. Hmmmm, enaknya, minum kopi di
malam dingin. Jadi segar rasanya, ngantuk tak berani mendekat, apalagi
nangkring di mata. makasih Gandi, makasih Jayanti.
Ditambah lagi, Farhan datang. Bawa jeruk, bawa apel, tambahan kopi,
indomie, dan makanan lain. Sueeeenaaaangnyaaaaa…
Walo materi udah berakhir, diskusi tetap jalan. Santai tapi berbobot,
ceria tapi serius, sampai bu Heti menyarankan agar kita sebaiknya
tidur, supaya nanti segar waktu bangun untuk sholat tahajud. Bener
juga. Ok deh ibu. Tidur yuuuk…

23.30 ­ 03.15
tidur dengan suksesnya!!!

Ahad, 26 Juni 2005
03.15 ­ 05.30
Aku terbangun dengar jayanti bilang, “Kak Intan, sholat tahajud.”
Kaget lihat Sari udah rapi dengan mukenanya, apalagi sayup-sayup
dengar ada yang baca Qur’an. Haah, gue terlambat bangun nih?
“Sholatnya udah mulai ya?” tanyaku. “Udah kayaknya,” kata Sari sambil
bergegas. Wah, aku langsung lompat dari tempat tidur sambil bangunin
Rini. Buru-buru ke kamar mandi dan berwudhu. Buru-buru pakai mukena
dan segera ke ruang serbaguna. Eh, ternyata… sholatnya belum mulai.
Lantunan ayat yang kudengar tadi rupanya suara Elin yang mengaji,
membaca qur’an. Lega deh. Gue belum telat.

Setelah siap semuanya, barulah kita sholat tahajud berjamaah 8 rakaat
dengan witir 3 rakaat. Mencoba mendekatkan diri pada Allah, semoga
bisa istiqomah berusaha melakukan hal-hal yang akan membuat kita
pantas untuk dicintai olehNya. Memuji, memohon, meminta, menghamba
padaNya. Sungguh beda rasanya. Sekilas aku teringat dengan sekian
banyak sholatku yang dilakukan dalam suasana terburu-buru. Tuhan,
ampuni aku, ampuni kami, cintai Kami, tuntun kami meraih RahmatMu,
amin.

Subuh datang. Kami sholat bersama dalam suasana yang belum berubah.
Damai. Ingin selalu damai, seperti ini…

05.30 ­ 10.00
Pagiiiii
Ternyata bisa juga ya gue, gak tidur lagi abis subuh, hehehe.
Again, diskusi di meja makan, dari masalah cinta, poligami ampe…,
wah, banyak deh, termasuk Farhan yang bilangin kita agar cepat-cepat
merit. wah, pengantin baru nih ya.
Sarapan dengan mie goreng, telur, nugget yang dibawa Farhan semalam,
uenak tennan. Berkahi makanan kami ya Allah.
Nah, ini nih. Begitu mentari gak malu-malu lagi, kita juga gak
malu-malu telanjang kaki alias nyeker Menn! Menuruni jalan di belakang
villa. Awalnya ada tangganya sih, tapi tetap harus hati-hati, agak
licin soalnya. Foto lagiiiii. Ketemu dua kolam renang, tapi gak ada
yang minat untuk berenang ya? Hehehehe. Ya udah, lanjut lagi
perjalanan. Ketemu sungai, nyebrang deh. Untung dalamnya cuma sebetis
dengan lebar sekita dua meter. Foto lagi. Waaaah, sawah!!! Ketemu Mang
Kus yang lagi nanam padi. Ayo Mang, senyun dulu, kita fotoin. Jepret!
Yup, jadi deh. Manis nian senyumnya.

Dengan hati-hati kita jalan di sepanjang pematang sawah. Hati-hati
biar gak terpeleset, hati-hati biar gak salah menginjak padi. Mau
kemana kita? Menuju air terjun bo! Nah, itu dia! Langsung aja pada
ngambil posisi, foto lagi, foto lagi. Tapi Junrial mana ya? Oh, lebih
tertarik ngobrol ama pak tani rupanya.
Puas deh. Senang deh. Balik deh, ke Villa. Melalui jalan yang sama.
Menyusuri pematang sawah, menuruni dan menyebrangi sungai, kolam
renang, tangga yang memutar. Foto-foto lagi di halaman villa, di
tangga teras villa, cuci kaki, masuk villa, dan nonton foto-foto di
kameranya Farhan yang didisplay di TV. Bagus banget fotonya. pada gaya
abis! Lucu-lucu, hehehehe.

The last episode, kita diskusi tentang Laa Tahzan. Laa Tahzan kemarin,
Laa Tahzan sekarang, Laa Tahzan mendatang. Beberapa ide muncul demi
kebaikan Laa Tahzan. Apakah itu? Ntar dirilis ama teman yang lain ya.
Ehem, tapi saya bocorin satu deh, Mabit berikutnya kita rencanakan
September, menjelang Ramadhan, Insya Allah. So, arrange your schedule,
guys.

Tiba saatnya untuk pulang. Salam-salaman. Makasih Ustadz Rusli,
makasih Bu Heti, udah membimbing kami. makasih juga buat Bu Rini dan
dr. Dedi yang udah minjamin villanya gruaaatissss. Makasih Sari,
makasih Gonata, makasih jayanti, udah ngurusin mabit kali ini. Makasih
Farhan, tuk dukungan semangatnya. Makasih Junrial, Gandi, Elin, Rini,
for sharing a really great moment. En, of course, thank’s for all of
you, Laa Tahzan-ers. May Allah Bless you all, amin.

See U all friends, in the next Mabit. Don’t miss it!!!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: